Selasa, 25 Juni 2013

Tips Merawat Kaki



Merawat kaki sama dengan merawat bagian tubuh lainnya seperti wajah, kuku, gigi, kulit tangan dan sebagainya. Mungkin karena letaknya yang ’tersembunyi’ sehingga kita menjadi malas untuk merawat kaki. Padahal kaki yang sehat sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh secara keseluruhan, terutama mengganggu penampilan seseorang. Oleh karena itu dibutuhkan waktu khusus (dan juga pengetahuan) yang kita alokasikan untuk merawat kaki dengan lebih optimal.

Jika Anda pulang bekerja atau jalan-jalan, tidak ada salahnya Anda merendam kaki dalam air hangat untuk menghilangkan bau yang tidak sedap akibat bakteri. Air hangat tersebut diusahakan telah ditetesi pine, tea tree dan eucalptus oil. Kalau tidak sempat menggunakan air, bisa juga dengan cara membalurkan lidah buaya atau gel khusus kaki yang mengandung peppermint.

Untuk kaki yang bengkak dan pegal linu di area pergelangan, lebih baik sementara waktu tidak menggunakan sepatu yang berhak tinggi. Karena sepatu wanita jenis ini secara tidak langsung bisa menyebabkan otot dan aliran darah terhambat terutama untuk pemakaian yang lama. Anda bisa melatih otot-otot kaki agar lebih kuat dengan cara yang sederhana, misalnya dengan menginjak bola tenis pada masing-masing kaki dengan gerakan bolak balik. Lakukan saat santai seperti sedang nonton TV atau makan malam.

Terakhir, gunakan kaus kaki atau stocking yang ukuranya pas atau tidak terlalu kecil. Kaki yang kesempitan bisa menghambat aliran darah.sehingga kaki tidak bisa ’bernafas’. Untuk itu, jauhi ukuran yang sempit baik sepatunya maupun kaus kakinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar