Minggu, 23 Juni 2013

Cara Mudah Mendeteksi Sepatu Palsu (2)


Sepatu Wanita

Selain melalui box dan harga yang murah, perhatikan juga warna sepatu yang ditawarkan.  Sepatu asli hanya dirilis dengan pilihan warna yang sudah ditentukan standartnya, atau istilahnya colorway. Sedangkan sepatu KW atau palsu cenderung memiliki warna yang tidak standart, mulai dari warna logonya, sol sepatunya, talinya dan lain-lain. Jika terdapat perbedaan sedikit dari sisi warna, maka patutlah dicurigai kalau itu palsu.

Kemudian cobalah buka Google dan searching sepatu asli. Lihat dengan detail gambar-gambar yang ditampilkan dan bandingkan dengan gambar yang dikirim oleh penjual online. Cara paling gampang adalah memperhatikan bentuk sepatunya. Kemudian hitung setiap lobangnya, ukur setiap garis, potongan upper, jumlah jahitan, polanya, proporsi setiap bagian, dan hal-hal lain yang tampak kasat mata. Semakin sering kita membandingkan hal-hal seperti itu, makin mudah kita mendeteksinya.
Cara lain adalah cooking tag size. Perhatikan lidah di sepatu, biasanya ada kain yang mencantumkan ukurannya. Cari nomor seri yang ada di sepatu tersebut, lalu bandingkan dengan kardusnya. Di pinggir kardus ada sticker sizenya, kalau cocok berarti memang asli.  Kalau masih ragu juga, cek saja nomor serinya di situs resmi perusahaan pembuat sepatu tersebut.

Nah, daripada membeli sepatu bermerek tapi KW, kenapa tidak mencoba sepatu lokal saja? Banyak merek-merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan sepatu-sepatu branded. Tidak perlu gengsi memakai sepatu lokal karena biasanya produksi sepatu merek luar pun di pabrik Indonesia. Perajin-perajin sepatu di Cibaduyut, Bandung juga menerima pesanan sepatu untuk dijual di luar negeri. Jadi, jangan under-estimate dengan kualitas produk bangsa sendiri.

Selamat berbelanja...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar