Jumat, 14 Juni 2013

Memilih Sepatu Buat Si Kecil (2)


Sepatu Anak Balita
Setelah mendapat sepatu yang pas dengan ukuran kaki anak, carilah sepatu anak yang mudah digunakan tapi tidak mudah lepas. Tujuannya agar balita tersebut belajar memakai sepatu sendiri meskipun dengan cara bertahap. Jangan sampai sepatu tersebut mudah terlepas dari kaki, karena selain merepotkan orang tua, nantinya anak akan rawan terkena kuman yang ada di tanah.
Memilih sepatu anak yang ringan juga sangat dianjurkan agar tidak mengganggu proses pertumbuhan kaki anak itu sendiri. Dengan kapasitas tenaganya yang masih lemah, tentu jangan memaksakan balita untuk memakai sepatu yang berat untuk ukuran mereka. Postur kaki akan terpengaruh apabila sejak dini anak terbiasa memakai sepatu seperti ini.
Kalau sudah dapat sepatu anak yang ukurannya pas, ringan dan mudah digunakan, cobalah untuk menguji fleksibilitasnya. Tekuk bagian tengah sepatu untuk melihat apakah bahannya cukup luwes atau malah kaku. Sepatu yang kaku akan mempengaruhi pertumbuhan kaki anak saat ia beranjak besar. Selain itu juga perlu diperhatikan sol sepatunya apakah lincin atau tidak. Balita yang baru belajar jalan perlu diberi sepatu yang tidak licin agar membantu ia ‘mengerem’ saat berlari.
Selain itu, ada hal yang mesti dihindari ketika orang tua membeli sepatu anak. Pertama, hindari memberikan sepatu yang pakai tali karena beresiko membuat anak sering terjatuh. Dan hindari pula sepatu dengan aksesoris yang mudah dilepas. Meski tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan kaki, aksesoris yang mudah dilepas dikhawatirkan masuk ke mulut si Kecil karena didorong oleh rasa penasaran. Tentu saja ini harus dihindari oleh para orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar