Jumat, 05 Juli 2013

Seri Entrepreneur (2) – Mencari Produk untuk Dijual



Berbisnis tidak membutuhkan sekedar teori. Ibarat berenang, langsung masuk ke kolam meski tidak tahu teknik jauh lebih baik ketimbang mengerti dan hafal seluruh teori tapi tidak pernah menyentuh air. Demikian juga dengan wirausaha. Semua butuh jam terbang dan pengalaman langsung, bukan sekedar memahami dari buku-buku tekstual. 

Untuk memulai usaha, bisa diawali dari produk yang paling laku dan juga dibutuhkan oleh banyak orang. Umumnya barang yang dicari adalah makanan, fesyen, dan teknologi komunikasi. Memang banyak tukang pecel lele di setiap daerah, tapi setiap hari masing-masing lapak lele pinggir jalan selalu penuh. Seolah pasar penikmat ikan air tawar ini tidak ada habis-habisnya. Lihat juga di sekitar kita, betapa banyaknya restoran Padang, tapi jarang sekali ada yang bangkrut. Bukankah mereka saling bersaing? Mungkin saja, tapi yang pasti mereka tidak pernah kehabisan pelanggan.

Demikian juga dengan produk fesyen. Kaos, kemeja, busana muslim, aksesoris hingga sepatu. Meski banyak yang jualan, tapi seolah-olah konsumen selalu saja berdatangan dan lapak atau butik-butik fesyen tidak pernah sepi dari pengunjung. Ini menandakan bahwa industri tersebut ‘ ga ada matinye’
 
Sepatu sebagai produk dari industri  fesyen juga seolah-olah tidak pernah kekeringan pembeli. Baik yang berjualan melalui toko maupun secara online, keduanya punya pangsa pasarnya masing-masing. Jadi bagi Anda yang ingin berbisnis namun bingung mau jualan apa, kenapa tidak coba berjualan sepatu saja?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar