Selasa, 16 Juli 2013

Memilih Sepatu Olahraga (2)



Dalam berolahraga, memilih sepatu juga tidak bisa sembarangan karena akan merusak bentuk kaki kita sendiri. Sangat direkomendasikan untuk mengenal tipe kaki masing-masing sebelum memilih dan membeli sepatu olahraga. Jika salah pilih, tidak saja membuat aktifitas berolahraga menjadi terhambat, namun juga bisa membuat tulang dan urat di kaki bermasalah. Oleh karena itu, kenali terlebih dulu bentuk kakinya.

Pada umumnya bentu kaki terdiri dari beberapa tipe. Pertama adalah kaki dengan tipe normal, yaitu kaki yang menahan beban pada bagian depan telapak dan tumit. Untuk mereka yang memilki tipe seperti ini disarankan untuk menggunakan sepatu yang mengedepankan keseimbangan dalam hal desain yang mengombinasikan fitur bantalan dan support lainnya.

Tipe kedua adalah kaki datar (pronation). Biasanya beban bertumpu di seluruh telapak kaki sehingga rentan terhadap cedera kalau dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Kaki pronation juga sering mengalami rasa nyeri di bagian lutut, pinggul, punggung atau bahu setela selesai berolahraga, terutama lari. Untuk Anda yang memiliki kaki jenis ini, disarankan untuk memilih sepatu olahraga yang mengedepankan pergerakan, yaitu memberikan medial support dengan dual density midsole, roll bar atau foot bridge.

Tipe terakhir adalah Supination atau kaki yang cenderung bengkok (menyerupai huruf ‘O’ saat berjalan). Kaki tipe ini menopang beban pada bagian terluar telapak kaki. Sering mengalami rasa sakit di leher sehabis berolahraga. Gunakan sepatu yang empuk untuk memberi shock dispersion pada desain midsole atau outsole.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar