Rabu, 17 Juli 2013

Sepatu Sehat, Tubuh Sehat



Seperti baju, sepatu juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, khususnya bagian kaki. Salah memilih baju misalnya, bisa saja berakibat kurang baik bagi tubuh. Contohnya busana musim panas dipakai saat musim dingin, busana warna gelap dipakai di alam terbuka yang banyak nyamuk, busana bahan woll dipakai untuk cuaca kemarau. Meski memang tidak berdampak secara ekstrem, namun jangka pendek sangat mengganggu sekali.

Demikian juga dengan sepatu. Agar kaki tetap sehat, maka memilih sepatu juga yang harus nyaman dan minim resiko. Jurnal The American Academy of Orthopedic Surgeons menganjurkan beberapa tips bagaimana memilih sepatu yang aman buat kaki. Pertama, yang perlu diketahui adalah ukuran kaki manusia tidak 100 persen simetris antara kanan dan kiri. Jadi, mencoba sepatu kanan dan kiri adalah cara meminimalkan resiko ketidakseimbangan tersebut.

Kedua, usahakan membeli sepatu di sore hari pada saat kaki sedang maksimal lebarnya. Dan untuk wanita, hindari membeli sepatu hak yang tingginya lebih dari 2 inchi, apalagi kalau rutin digunakan sehari-hari karena tidak bagus untuk kaki. Dan tumit harus pas dan ujung jari kaki terpanjang berjarak setengah inchi dari ujung sepatu. Ini untuk menghindari kesakitan akibat terlalu sempitnya ruang gerak kaki.

Disarankan untuk mencobanya juga dengan menggunakan kaos kaki. Terkadang sepatu yang hanya dicoba dengan kaki telanjang akan berbeda ketika dipakai dengan mengenakan kaos kaki. Dan terakhir, cobalah berjalan dengan kedua sepatu yang telah dipilih dan pastikan bahwa Anda tidak tersiksa dengannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar